Selasa, 06 Oktober 2015

Peduli

Allah SWT berfirman:
وَتَعَاوَنُواْ عَلَى الْبرِّ وَالتَّقْوَى وَلاَ تَعَاوَنُواْ عَلَى الإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُواْ اللّهَ إِنَّ اللّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran." (QS Al Ma’idah: 2)

Dalam Hadist yang shahih disebutkan Rasulullah SAW bersabda, “Perumpamaan kaum mukminin dalam hal kecintaan, rahmat dan perasaan di antara mereka adalah bagai satu jasad. Kalau salah satu bagian darinya merintih kesakitan, maka seluruh bagian jasad akan ikut merasakannya dengan tidak bisa tidur dan demam”

Dalam hadist lainnya Rasulullah SAW bersabda, “Muslim yang satu dengan muslim yang lainnya seperti sebuah bangunan, saling menguatkan satu dengan yang lainnya”


Dari sisi agama saja kita sudah diharuskan untuk peduli, tolong-menolong, saling membantu. Ini menunjukan betapa sebuah kepedulian itu begitu penting bagi semua orang. Manusia merupakan zoon-politicon, yaitu makhluk sosial, yang tidak dapat hidup tanpa orang lain. Kalau kita peduli pada orang lain, maka saya percaya, di saat kita sulit pun orang lain akan peduli pada kita. Maka dari itu, kita harus mampu meningkatkan kepekaan kita terhadap sekitar kita dan tidak mengabaikan lingkungan sekitar.



“Jika kita memilih tidak peduli, lebih sibuk dengan urusan masing-masing, nasib negeri ini persis seperti sekeranjang telur di ujung tanduk, hanya soal waktu akan pecah berantakan.”








Tidak ada komentar:

Posting Komentar