Selasa, 06 Oktober 2015

Memiliki Prinsip Hidup

Salah satu hal yang membedakan kita satu sama lain adalah prinsip hidup, pegangan hidup. Seseorang harus memiliki prinsip dalam hidupnya, agar tidak mudah terombang-ambing bahkan masuk ke dalam pergaulan yang menjerumuskan. Dengan pegangan hidup pun nilai hidup seseorang menjadi ada. 

Jika seseorang memiliki prinsip dalam hidupnya maka mereka akan memiliki nilai-nilai yang telah mereka atur sendiri sehingga tidak akan bertingkah sembarangan yang bakal merugikan dirinya sendiri. Berbeda dengan orang yang tidak memilki prinsip hidup, merka bakal mudah terperosok dalam 'jurang', tersesat dalam hidup mereka, karena tidak memiliki pegangan dan tujuan dalam hidup mereka.

Bagi saya sendiri, prinsip hidup saya adalah untuk terus memiliki mimpi dan berusaha menggapainya, untuk diri sendiri maupun keluarga. Bahwa mimpi apa yang saya ingin capai jangan tegantung pada orang lain atau termakan omongan orang lain, asal mimpi itu tidak berlawanan dengan norma dan etika dalam agama, serta akan memberikan makna pada orang-orang yang saya sayangi, maka saya tidak akan melepaskan mimpi itu meski terasa sangat sulit dan banyak hambatan. Mungkin ini idealisme, tetapi tidak ada salahnya juga untuk jadi sedikit idealis dalam hidup kita.

Carl Jung, dalam bukunya,  Memories, Dreams, Reflections“Wherever there is a reaching down into innermost experience, into the nucleus of personality, most people are overcome by fright, and many run away … The risk of inner experience, the adventure of the spirit, is in any case, alien to most human beings.”

“The intelligent have plans; the wise have principles.” 
― Raheel Farooq


“Ideology knows the answer before the question has been asked.

Principles are something different: a set of values that have to be adapted to circumstances but not compromised away.” 
― George Packer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar